Kamis, 20 Mei 2010

Ilmu dan Akhlak

BERGIATLAH kalian menuntut ilmu hai para murid Alkhairaat. Orang-orang berilmu menempati derajat yang tinggi. Niatkanlah dengan mempelajarinya, agar kamu mengikuti kebenaran agama, karena amal-amal itu tergantung niatnya.
Datangilah kebun-kebunnya dan bersenang-senanglah di situ. Jalannya benar-benar jalan yang menyampaikan. Warisan Rasul adalah tujuan yang paling mulia, maka siapa yang mencarinya hendaklah ia atasi hambatan-hambatanya.
Ilmu itu cahaya di dalam hati dan pemiliknya, mereka telah mencapai derajat di syurga. Mereka berteduh dengan naungannya dan bergantung pada talinya di seluruh waktu. Tuhan yang Maha Pemurah memberikan karunia-Nya berupa kemenangan, pertolonga dan keberkahan.
Tirulah orang-orang yang mengamalkan ilmu mereka dalam perkataan, perbuatan dan niat. Orang-orang yang mengenal Tuhan dan Maha Raja mereka dan mengikuti teladan pemimpin dari para pemimpin. Orang-orang yang ahli taqwa mukhlis dan berakal yang melakukan ketaatan yang paling utama. Di antara mereka imam-ku teladan dan harapanku perantara, penghubung dan tangga yang menaikkan aku.
Kusampaikan nasihatku kepadamu dengan tulus, maka terimalah dariku dan jangan heran atas ciri-ciriku. Aku mengakui kekurangan, kesalahan, ketidak mampuan dan kecerobohan dalam keadaanku. Akan tetapi, aku mempunyai hubungan dengan orang-orang yang kusebut dan kecintaan terbesar bagi mereka pada diriku.
Aku harapkan dengannya syafaat disisi Tuhan Yang Maha Pemurah dan kebaikan yang mengganti kesalahan-kesalahanku. Kami sampaikan kepada mereka shalawat kami setelah Nabi keluarganya di kala sedirian maupun di hadapan orang banyak.
Segala puji bagi Tuhanku, Alkhairaat menjadi marak, di halaman-halamannya terdapat singa-singa dan anak-anaknya. Wahai putra-putri Palu, Alkhairat adalah ibumu, ia mengajak mereka yang mempunyai tujuan dan kemauan. Karena Alkhairaat, negerimu terkenal dengan ilmu. Banyak orang dari berbagai penjuru dunia menuju kepadanya untuk mencari ilmu.
Dulu, tidak ada orang yang mengenalnya (Palu), tetapi sekarang ia berbabangga diri atas berbagai negeri. Ini adalah kenikmatan yang seandainya disadari oleh Abdurrahim, niscaya tidaklah pikiranya menjadi bingung.
Aku menyeru setiap muslim kepada ilmu dan ketaqwaan, dengan keadaan dan hartaku, pena dan mulutku. Kepada Allah aku menyeru mereka dan ini kitab-NYA (Alquran), setiap yang gelap menjadi terang bagi mereka lantaran cahayanya.
Aku serukan untuk mempelajari sunnah sebaik-baik Rasul di dalam terdapat petunjuk cahayanya. Dan ilmu, maka ketahuilah sungguh nikmat bagi siapa yang memenuhi panggilan dan bergegas mencari ridha Allah dan kedekatan untuk mendapat keberuntungan dan keberhasilan.
Kulihat kebodohan terbesar di antara masyarakat, tiada rasa takut kepada Tuhan dan neraka jahannam. Maka obatilah kebodahan hatimu dengan ilmu agama. Siapa yang tidak mengobati kebodohan dengan ilmu, ia akan menyesal.
Wahai putra-putri Alkhairaat, laksanakan kewajiban mengajar, jadilah kalian dalam kelompok terdepan, bagimu teladan pada orang-orang sebelum kamu, guru-guru yang memimpin manusia dengan pemahaman.
Dengan ilmu setiap bangsa menjadi tinggi di antara manusia dan mencapai kemuliaan di antara bangsa-bangsa. Manusia terkadang mengungguli teman-tamannya, jika ia memiliki ilmu terbanyak dengan ilmu akhlak tercapai cita-cita. Jika engkau menginginkan ilmu, janganlah engkau sombong.
Kepada putra-putri Alkhairaat, ku akhiri seruanku, barangkali di antara putra-putrinya yang menonjol memimpin pengajaran di waktu-waktunya, Dialah (Allah) yang meminjamin rezekinya. (disari dari syair-syair Guru Tua). Wallahul Musta’an

1 komentar:

  1. Playtech secures full partnership with bet365
    online sports betting business, which has grown to 영주 출장마사지 over 20.5 부천 출장마사지 million globally in the past two years, Oct 1, 2021 전주 출장안마 · Uploaded by 여주 출장안마 Jackpot Capital 제주 출장안마

    BalasHapus